Meski Sederhana Peringatan HUT-RI Ke-75 di Kota Pariaman, Berlangsung Khidmat -->

Meski Sederhana Peringatan HUT-RI Ke-75 di Kota Pariaman, Berlangsung Khidmat

Senin, 17 Agustus 2020, 13.45.00
Pengibaran Sangsaka Merah Putih, dihalaman Balai Kota Pariaman. Fhoto : Rika/Media Center Kota Pariaman

PARIAMAN --- Walikota Pariaman, Genius Umar menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tingkat Kota Pariaman Tahun 2020  di Halaman Balaikota Pariaman, Senin (17/8/2020).

Pada upacara tahun ini diikuti Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Pj Sekdako Pariaman Fadli, Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora.

Kemudian Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Lasmana, Dandim 0308 Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko, Kajari Pariaman Azman Tanjung, Ketua Pengadilan Negeri IB Pariaman Supriatna Rahmat.

Serta Kalapas Kelas IIB Pariaman Eddy Junaidi, Kakan Kemenag Pariaman Miswan serta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan personel TNI/Polri.

“ Hari ini kita melaksanakan upacara penaikan bendera Merah Putih sebagai perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 Tahun 2020. Namun kondisi tahun ini berbeda karena dalam bencana Covid-19, kata Walikota Pariaman Genius Umar.

Pemerintah pusat menetapkan peserta dan tata cara HUT RI tahun ini berbeda dengan peserta yang sangat terbatas dan banyak acara yang dipotong untuk mengurangi kontak fisik langsung para peserta upacara sehingga diharapkan upacara ini tidak terjadi penyebaran Covid-19 yang baru.

Ini merupakan standar protokol dalam tata cara upacara yang ditetapkan oleh pemerintah pusat yang diikuti kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Meskipun dengan model upacara yang berbeda namun tidak mengurangi suasana kita dalam memperingati HUT RI ke 75.

“ Setelah ini, kita akan mendengarakan pidato Presiden Republik Indonesia dari Istana Negara secara virtual yang diikuti oleh kabupaten/kota seluruh Indonesia,“ katanya.

Menurut Genius Kemerdekaan ini hakikatnya adalah diperjuangkan oleh para pendiri bangsa ini, sampai saat ini kita masih berjuang agar tidak terjadi penambahan penyebaran virus Covid-19. Terutama dari segi kesehatan, kita harus menjaga kesehatan.

Menurutnya, Sekarang ini, dalam suasana bencana Covid-19 ekonomi kita harus tetap jalan, tetap tumbuh dan berjuang karena sangat banyak pembatasan secara ekonomi akibat bencana Covid-19 dan kita mengharapkan ekonomi kita tetap tumbuh.

“ Sedangkan untuk situasi sosial masyarakat juga diharapkan aman dan tentram walaupun dalam bencana Covid-19. Oleh sebab itu, perjuangan sekarang adalah bagaimana kita bisa keluar dari bencana ini,“ tambahnya

Selain itu  Walikota berharap kepada desa/kelurahan tetap melaksanakan maupun merayakan HUT RI minimal dengan cara mengibarkan bendera Merah Putih dirumah masing-masing.
Sedangkan untuk acara memanjat batang pinang, orgen tunggal yang bersifat keramaian dilarang oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk mengurangi penyebaran Covid-19.(rel)

TerPopuler